Pascasarjana 13 Nov 2016

PPS Ilmu Hukum UIR taja Seminar International

Program Studi Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR), Taja Seminar Internasional, Sabtu (12/11) di Aula Gedung Pascasarjana UIR. Seminar internasional tersebut mengangkat tema  "Perbandingan Kewenangan Penguasaan Tanah dalam Sistem Hukum Pertanahan antara Negara Indonesia dan Malaysia".

Acara dibuka oleh Rektor yang di wakili oleh Wakil Rektor I , Dr. Nurman S.Sos., M.Si. Pada sambutannya, Wakil Rektor I mengungkapkan apresiasinya terhadap seminar international tersebut. Ia berharap seminar ini dapat mencari solusi terkait hak kepemilikan tanah negara serta masukan dalam rangka mensejahtrakan masyarakat. Wakil Rektor I menambahkan “Kedepannya perlu juga diadakan seminar international terkait ke lautan” katanya.

Dr. Saipul Bahri, M.Ec pada sambutannya mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberi pemahaman hukum pertanahan, kepada mahasiswa pascasarja UIR dan masyarakat, tentang  hukum pertanahan di Indonesia yang berkeadilan. Hal ini melihat banyaknya  yang terjadi terkait hak kepemilikan tanah atau wilayah di Indonesia. 

Para peserta seminar berasal dari Mahasiswa Pascasarjana UIR, Dosen Internal UIR maupun Dosen Eksternal, Pegawai kantor BPN Kabupaten kota se-Riau, Hakim, Jaksa, Pengacara, Notaris serta pengusaha yang ada di Riau.

Seminar Internasional tentang perbandingan kewenangan penguasaan tanah, menghadirkan pemateri dari Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Prof. DR. Ida Nurlinda SH.,MH. dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof DR. Rohimi Safiee serta pembicara dari UIR, DR Arifin Bur SH.,MH.

Pada seminar tersebut, Pemateri melakukan pembahasan secara mendalam serta membuka kesempatan diskusi, melalui sesi Tanya jawab. tentang perbandingan kewenangan penguasaan tanah berdasarkan hukum pertanahan dan agraria. 

 

[ Adm-UIR ]